• yapan 3
  • yapan 2
  • yapan 1

Selamat Datang di Sekolah YAPAN INDONESIA. Terima Kasih Atas Kunjungannya

Pencarian

Kontak Kami


YAPAN INDONESIA

NPSN : -

Jalan Raya Muchtar No. 50 Sawangan Baru Kota Depok


infoyapanindonesia@gmail.com

TLP : 021-77888133/122


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 50620
Pengunjung : 20428
Hari ini : 22
Hits hari ini : 70
Member Online : 0
IP : 35.175.201.191
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Kegiatan Ekskul Rohani Islam SMP Yapan Indonesia




Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) keadaan kegiatan ekstrakurikuler rohani Islam SMP YAPAN Indonesia. (2) keadaan kecerdasan spiritual siswa SMP YAPAN Indonesia (3) upaya dalam pengembangan kecerdasan spiritual siswa SMP YAPAN Indonesia melalui kegiatan ekstrakurikuler rohani Islam.

 

Hasil Penelitian ini menyimpulkan hal-hal sebagai berikut bahwasanya (1) Berbagai kegiatan yang ada dalam kegiatan ekstrakurikuler ROHIS, dimulai dari program harian, program mingguan dan program tahunannya mendukung terhadap pengembangan kecerdasan spiritual siswa SMP YAPAN Indonesia. (2) Karakteristik siswa SMP YAPAN Indonesia yang memiliki kecerdasan spiritual tinggi, ditunjukkan oleh beberapa hal berikut yakni : siswa mampu menyelesaikan persoalannya tidak dengan emosi, siswa mampu mematuhi berbagai peraturan yang ada, siswa mampu mengembangkan kreativitas yang dimilikinya, siswa mampu merenungkan persoalan yang dihadapinya, dan siswa mampu bertindak positif yang berorientasi pada nilai-nilai Ketuhanan. (3) Sejumlah upaya yang dilakukan oleh kegiatan ekstrakurikuler ROHIS, dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswanya, ditempuh melalui : (a) mengubah kepribadian siswa menjadi lebih baik, (b) menumbuhkan kreativitas siswa dalam upaya pengembangan potensi diri, (c) menumbuhkan bentuk kepedulian sosial, (d) menumbuhkan sikap perenungan terhadap persoalan yang dihadapi, (e) menumbuhkan tingkat kesadaran siswa sehingga punya tujuan hidup yang jelas disertai misi dan visi dalam hidup, dan (f) menumbuhkan sikap siswa untuk bertindak positif yang berorientasi pada nilai-nilai Ketuhanan.

 

Sumber : Gamar Al Haddar.Jurnal Pendas Mahakam, Vol. 1 (1), 42-53. Juni 2016 (https://core.ac.uk/download/pdf/304737304.pdf)




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :


   Kembali ke Atas